Surabaya – Empat mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKes) Unusa berhasil meraih juara 1 Tournament E-Sports dalam Kompetisi 2nd Borneo Intermedical Faculty Games 2021 PUBG Mobile Tournament by MEDSTAS UMS 2020/2021 yang diadakan oleh Universitas Malaysia Sabah (UMS). Empat mahasiswa ini tergabung dalam tim yang diberi nama Black Box.

Keempat mahasiswa tersebut antara lain, M Lutfi (S1 Kesmas), Sulis Vila Chumeniya (S1 Gizi), M Zahid Abdillah (S1 Kesmas), dan M Vinanda Adam F (D-IV Analis Kesehatan).

M Vinanda Adam F menjelaskan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Malaysia dan Indonesia. Universitas Malaysia Sabah (UMS) sebagai penyelenggara turnamen ini. “Melalui perolehan juara 1 di kegiatan ini, kami bisa membawa nama Indonesia di kancah Internasional, khususnya membawa nama Unusa,” imbuhnya.

Adapun perolehan peringkatnya sebagai berikut. Fakultas Kesehatan Unusa (Juara 1), Universiti Malaysia Sarawak (Juara 2), dan Management & Science University (Juara 3).

Adam menjelaskan, jika tim ini baru terbentuk 3 minggu sebelum pertandingan. Sempat kesulitan untuk latihan, namun tidak menyurutkan semangat dalam memperoleh prestasi.

“Hasil ini menjadi pelecut semangat kami untuk ikut kompetisi lainnya. Melalui keikutsertaan kegiatan semacam ini, kami dapat mengasah kemampuan berstrategi dan membentuk mental setiap pemain,” ucap Adam, sabtu (3/4).

Keterbatasan waktu dan kesibukan para anggota menjadi salah satu kendala dalam tim ini. “Karena setiap mahasiswa punya kesibukan masing-masing, sehingga membuat kami susah untuk latihan,” terang Adam.

Wakil Dekan FKes, Firdaus, S.Kep.Ns., M.Kes, mengapresiasi langkah yang dilakukan mahasiswa FKes yang memperoleh juara cabang E-Sport. “Prestasi ini membuat mahasiswa bisa mengembangkan softskill di bidang E-Sport yang saat ini tengah berkembang pesat di era digital,” bebernya.

Firdaus mengatakan, melalui game E-Sport, mahasiswa Unusa bisa menumbuhkan kreativitas dan menjalin hubungan dengan mahasiswa Internasional. “Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk MoU yang sudah kami lakukan dengan UMS, dalam implementasi pengembangan kreativitas mahasiswa,” bebernya. (sar humas)

Spread the love