Surabaya – Dinilai berkembang pesat dan bagus, Unusa kini jadi jujugan beberapa perguruan tinggi untuk tujuan study banding. Kali ini yang melakukan kunjungan dari Politeknik Kesehatan Kerta Cendikia Sidoarjo. Secara khusus rombongan Poltekes Kerta Cendekia yang dipimpin oleh Agus Sulistyowati S.Kep., M.Kes., Direktur, ingin mempelajari tentang program studi D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ada di Unusa.
Kunjungan disambut oleh Wakil Rektor III, drg. Umi Hanik. M.Kes. berserta jajaran sivitas akademika Unusa di Cafe Fastron Unusa Tower Kampus B. Sebelumnya Unusa juga menerima kunjungan dari SMK Wahid Hasyim Maduran, Lamongan. Kunjungan ini dilakukan di Kampus A diterima oleh jajaran Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa. Bertujuan ingin mengetahui lebih detail Prodi Keperawatan dan Prodiu Kebidanan
“Kami memilih ke Unusa karena Prodi D-IV K3 yang ada dan kami ketahui baru di Unusa, jadi kami melakukan study banding-nya ke sini,” kata Agus Sulistyowati.
Meskipun baru, katanya menambahkan, Prodi D-IV K3 Unusa sudah mengalami perkembangan yang cukup baik. “Kami ingin mencontoh bagaimana prodi K3 Unusa yang mengalami perkembangan yang pesat dari segi prestasi, kualitas hingga berbagai bidang di dunia K3,” ungkap Sulistyowati.
Sulistyowati berharap dengan kunjungan ini bisa memperoleh ilmu K3 yang dimiliki Unusa, sehingga kedepannya pihaknya juga bisa melakukan tri darma perguruan tinggi bersama. “Kita bisa sama-sama melakukan penelitian, hingga pertukaran dosen dan mahasiswa,” ucapnya.
Dalam diskusi yang dibagi dalam beberapa kelompok ikut dibahas tentang pengembangan kurikulum, tata Kelola, juga tentang kehumasan dan promosi.
Wakil Rektor III, drg Umi Hanik M.Kes menyambut baik kunjungan yang dilakukan Politeknik Kesehatan Kerta Cendikia Sidoarjo. Dirinya dengan senang hati berbagi pengalaman dengan perguruam tinggi lain yang ingin belajar. “Terus terang kami juga masih terus belajar, tapi ilmu yang sudah kami dapat bisa kami bagikan ke perguruan tinggi lain,” ungkapnya.
Sementara Kunjungan yang dilakukan SMK Wahid Hasyim Maduran, Lamongan, terdiri dari siswa dan guru. Mereka melihat fasilitas yang dimiliki Unusa utamanya Prodi Keperawatan dan Kebidanan. Siswa sangat senang hingga ada siswa yang penasaran dengan tempat inkubator dan alat alat peraga yang ada di Depo Laboratorium. Tidak jarang siswa bertanya tentang kegunaan alat-alat yang ada di depo bahkan laboratorium lainnya.
Wakil Kepala SMK Wahid Hasyim Maduran, Kusnadi S.Pd., M.A., mengaku senang dengan kunjungan yang dilakukan di Unusa. “Melalui kunjungan ini membuat siswa antusias untuk mempelajari bidang Kesehatan utamanya keperawatan. Saya berharap kunjungan ini membuat siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi memperoleh gambaran tentang apa yang akan mereka pelajari di bangku kuliah,” katanya.
Wakil Dekan FKK Unusa Nurul Khamariyah S.Kep., Ns., M.Kep menjelaskan Unusa menerima dengan senang hati tiap kali ada kunjungan dari mana pun. “Selain belajar siswa juga bisa melihat langsung fasilitas yang ada di Unusa, sehingga bisa menjadi refrensi, kelak jika ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi,” katanya. (humas)

Spread the love