Surabaya – Fakultas Teknik (FT) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama dengan BEM FT menggelar workshop Workshop Online Data Science Fakultas Teknik dengan tema Introduction dan peluang riset di berbagai bidang keilmuan, Rabu (2/9) dan Kamis (3/9) melalui aplikasi Zoom dan Youtube Channel Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Workshop ini diisi oleh pamateri Hendro Margono, S.Sos., M.Sc., Ph.D. yang merupakan Dosen S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga (Unair). Acara ini diikuti dosen serta mahasiswa dari semua Program Studi (Prodi) yang ada di Unusa.

Wakil Rektor 1, Prof. Kacung Marijan, Drs., MA., Ph.D. menyambut baik adanya workshop data science sebagai big data. Selain itu, melalui acara ini dosen dan mahasiswa Unusa melek akan teknologi data science. “Perkembangan data science ini sangat pesat, jadi ini sangat dibutuhkan Unusa untuk proses analisa,” jelasnya, Rabu (2/9).

Dalam materinnya, pamateri, Hendro Margono, S.Sos., M.Sc., Ph.D. menjelaskan banyak masyarakat yang belum mengetahui data science yang merupakan gabungan dari displin keilmuan. Data science ini dapat digunakan semua bidang studi lainnya untuk menganalisa atau bahan penelitian.

“Jadi meskipun bukan dari sistem informasi dapat menggunakan data science ini karena memang ini mudah untuk diterapkan,” jelas Hendro.

Data science penggunaannya menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk mengekstrak pengetahuan dan wawasan dari data terstruktur maupun yang tidak terstruktur. “Data science ini sama dengan data mining dan big data,” ujar Hendro.

Hendro menambahkan data science ini memiliki konsep statistik, data analis, machine learning dan metode terkait untuk memahami serta menganalisis fenomena aktual dengan data. “Ini menggunakan teknik dan teori yang diambil dari berbagai bidang dalam konteks matematika, statistik, ilmu komputer serta ilmu informasi,” ucapnya.

Sehingga, Hendro menjelaskan data science salah satu tekni baru untuk menerapakan pada riset yang dibutuhkan dari berbagai bidang keilmuan. “Peran data science ini sangat penting dalam era big data dimana data yang tidak terstruktur dan terstruktur dapat dianalisa dengan baik oleh data science ini,” ucanya.

Hendro menilai jika data science dengan data tradisional riset seperri kualitatif dan kuantitatif dapat dikorelarikan. “Jadi penelitian ini tidak mandek di situ saja,” jelasnya. (sar humas)

Spread the love