Surabaya – Lima Mahasiswa dari Tim Pekan Kretivitas Mahasiswa (PKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat coklat berbahan daun singkong untuk mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung.

Lima mahasiswa antara lain, Herlina Poerningtyas, Riza Ayu Tohari Putri, Putri Wahyuni, Riyatul Arini keempatnya mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan. Sedangkan Nadia Nabila dari
prodi D3 Keperawatan.

Salah satu anggota PKM, Herlina Poerningtyas menjelaskan coklat dari bahan daun singkong ini lebih menyehatkan. Dimana mencegah penyakit jantung sehingga aman dikonsumsi oleh orang tua.

“Ini untuk mencegah penyakit jantung, jadi lebih aman untuk dikonsumsi oleh semua usia terlebih orang tua akan aman mengkonsumsi ini,” beber Herlina, Senin (28/9).

Herlina menjelaskan jika sari daun singkong akan dicampurkan dengan coklat yang sudah dilelehkan. Usai tercampur, coklat daun singkong itu langsung di cetak dan didinginkan. “Jika sudah kering dan padat, coklat langsung siap dimakan,” jelasnya.

Herlina menjelaskan jika daun singkong sangat bermanfaat sebagai obat seperti anti kanker, mencegah konstipasi dan anemia, serta meningkatkan daya tahan tubuh. “Jadi coklat ini lebih sehat untuk dikonsumsi,” bebernya. (sar humas)

Spread the love