Surabaya – Cegah penularan virus corna di masyarakat terlebih di pasar, Mahasiswa Kuliah Kerja Nayata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membagikan new normal kit serta mengajarkan masyarakat membuat hand sanitizer sendiri di Pasar Pahing Desa Bluri, Kecamatan Solokuro Lamongan.
Ketua kelompok 13 KKN Unusa, Ari Anda Putri menjelaskan pembagian new normal kit ini dilakukan dipasar lantaran banyaknya korban yang tertular dari pasar. Dengan langkah ini kami juga mensosialisasikan bahaya virus corona ke masyarakat pasar.
“Kami bagikan sebanyak 50 buah new normal kit ke masyarakat pasar, jadi kami berharap dapat membantu kesadaran warga akan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Ari, Jumat (11/9).
Dalam new normal kit itu beririkan masker, hand sanitizer dari bahan alami seperti daun sirih, jeruk nipis dan sabun. “Kami memilih bahan alami karena untuk menghindari seseorang ini tidak kuat kena hand sanitizer dengan bahan bahan kimia pada umumnya,” jelas Ari.
Mahasiswa juga memberikan edukasi ke masyarakat cara pembuatan hand sanitizer dari bahan alami. Dimana bahan yang digunakan akan mudah ditemui di lingkungan sekitar. “Jadi jika habis masyarakat bisa membikin hand sanitizer itu sendiri untuk menjaga diri mereka serta orang sekitarnya,” ungkapnya.
Selain itu juga, mahasiswa KKN Unusa melakukan Tes Kesehatan kepada masyarakat dengan memperhatikan protokol kesehatan. Beberapa tes kesehatan seperti pemeriksaan kolestrol, gula darah, tensi darah, dan berat badan, dan Edukasi Kesehatan yang kami wadahi dalam salah satu program kerja kami yaitu Rumah Pintar (RUMPIN). “Kami ingin masyarakat ini sehat terlebih ditengah pandemi ini agar tidak terkena penyakit lainnya,” ucap Ari. (sar humas)

Spread the love