Surabaya – Dosen Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Hidayatul Khusnah, S.Pd.,M.Sc memiliki cara manajemen waktu selama pandemi virus corona seperti saat ini.

Hidayatul menjelaskan setiap saat kita telah membuat beberapa putusan terkait manajemen waktu seperti memutuskan kapan harus ke kampus, belajar di rumah, berolahraga, beribadah, mengunjungi perpustakaan, bersantai, berdiskusi dengan teman, berbelanja dan lain sebagainya. Semua keputusan ini berperan penting di dalam penyusunan strategi manajemen waktu Anda.

“Dari sini kita sudah mulai melakukan manajemen waktu kita sendiri, namun tanpa disadari kadang pembagian waktu tersebut tidak imbang,” ucap wanita yang kerap disapa Hida ini, Rabu (27/5).

Hida menjelaskan dengan menyeimbangkan waktu, diharapkan hasilnya adalah konsentrasi akan meningkat, organisasi waktu akan lebih baik, produktifitas akan meningkat dan terpenting tingkat stres akan terkurangi. “Dengan menata waktu akan lebih baik maka menemukan keseimbangan antara kapan harus belajar, bekerja, bersantai, dan beristirahat yang akhirnya akan membuat hidup sedikit lebih muda dan bahagia,” ucapnya.

Dalam kondisi saat ini, semua disarankan untuk melakukan apapun dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan lain-lain. Karena semua aktivitas dari rumah maka seakan tidak sedang menjalankan aktivitas seperti biasanya.

“Disini peran manajemen waktu agar semua seimbang dan terlaksana dengan baik semua aktivitas yang dikerja di rumah,” ucap Hida.

Hida menambahkan jika kunci dari manajemen waktu adalah perencanaan (planning) tanpa ini, tidak akan pernah berhasil menata waktu apalagi meraih hasil optimal. “Ini harus dilakulan meskipun akan membosankan untuk menyusun daftar panjang kegiatan yang harus dilakukan,” ucapnya.

Hida menunjukkan beberapa langkah untuk membantu anda menyusun manajemen waktu seperti buatlah buku agenda yang berisi catatan khusus baik secara manual atau elektronik. Setelah itu, tulis semua jadwal baik itu jadwal kuliah, jadwal mengerjakan pekerjaan rumah ataupun jadwal chating bareng temen-temen anda.

Lalu, susun prioritas kegiatan yang ada di jadwal anda, sehingga anda dapat mengetahui dengan cepat mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Selamat mencoba, semoga hari-hari anda lebih teratur dan bahagia. “Dengan begitu kita dapat memanajemen waktu kita seperti biasanya,” jelas Hida. (sar humas)

Spread the love