Berikut kami beri 5 tips agar kamu sebagai mahasiswa baru bisa mengatur jadwal kuliah.

  1. Kenali Prioritas
    Semisal, ada beberapa mata kuliah wajib yang harus kamu ambil dari jurusan untuk syarat kelulusan, rasanya itu lebih penting diambil daripada mata kuliah opsional yang mungkin bisa kamu ambil pada semester selanjutnya.

    2. Hafal Jadwal Kuliah
    Ini mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya masih banyak lho mahasiswa yang cuek dengan hal satu ini. Sistem kelas yang terkadang bisa berpindah ini juga enggak boleh kamu lewatkan. Kamu harus tahu di mana letak perkuliahan itu berlangsung, bisa jadi di gedung yang berbeda atau cukup jauh dari kelas mata kuliahmu sebelumnya.
    3. Jangan Sepelekan Kuliah pagi
    Meski mungkin kamu sudah terbiasa untuk bangun pagi ketika sekolah dulu, kelas pagi saat kuliah nyatanya jauh lebih menantang karena kamu bisa saja mendadak harus menghadapi kuis dari dosen dan disuruh untuk presentasi di depan kelas.

    4. Minta Bantuan Teman
    Jika kamu tipikal orang yang sulit bangun pagi, mungkin kamu butuh bantuan dari teman asrama atau indekosmu. Alarm tak mempan, ketokan dari teman mungkin akan berhasil membangunkanmu.

    5. Jangan Terlalu Memaksakan Diri
    Menyusun jadwal kuliah memang penuh dengan strategi. Lagipula, kamu juga pasti mau kan, punya waktu senggang untuk menikmati masa-masa indahmu menjadi seorang mahasiswa dengan lebih banyak bergaul dan hang out bersama teman-teman? Jadi, jangan terlalu memaksakan diri apabila kamu memang tidak memungkinkan untuk mengambil mata kuliah tertentu.

Spread the love