Lembaga Sertifikasi Profesi

Lembaga Serfikasi Profesi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (LSP UNUSA) adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan serfikasi kompetensi profesi.

LSP UNUSA dibentuk dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Nomor: 085/UNUSA/Adm-SK/VI/2017 tanggal 12 Juni 2017 dan telah mendapatkan Serfikat Lisensi dari BNSP (No. SK Lisensi KEP.0160/BNSP/III/2019; No. Serfikat Lisensi BNSP-LSP-1460-ID). Sehingga Serfikat Uji Kompetensi yang dikeluarkan oleh LSP UNUSA akan terdaftar dan diakui oleh BNSP.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, LSP UNUSA mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertfikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

Layanan LSP UNUSA meliputi Uji Kompetensi; Pelahan Assesor Kompetensi; Pelatihan Recognion Current Competency (RCC); Pelatihan Pengembangan Skema Serfikasi; dan Pelatihan Pengembangan Materi Uji Komptensi (MUK).

Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi yang Terpercaya dalam Mensertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi mahasiswa Unusa.

1. Memberikan pelayanan sertifikasi yang mengutamakan mutu dan kepuasan asesi dengan menjunjung tinggi kejujuran, kecepatan, ketepatan, dan keakuratan serta ketidakberpihakan bagi mahasiswa Unusa.

2. Mendorong tersedianya lulusan dan mahasiswa Unusa yang kompeten, profesional dan kompetitif.

3. Mengembangkan kekinian skema dan perangkat sertifikasi secara konsisten dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan industri.

4. Menyediakan tenaga asesor kompetensi yang berkualifikasi dan bersertifikat

5. Menjaga dan meningkatkan sisitem manajemen mutu lembaga sertifikasi Profesi.

lsp.unusa.ac.id