Surabaya – Menyambut bulan suci Ramadan dengan mempertahankan seni-seni islam di zaman modernisasi dan mewujudkan generasi muda yang qurani. Tema kegiatan inilah yang diusung Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama -Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama UKM Seni Qurani Unusa.

Kegiatan bertajuk Islamic Festival ini diisi dengan lomba Al-Banjari dan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) di areal basement Tower Unusa Kampus B, Jemursari Surabaya, pada Sabtu (4/5/2019). Selain lomba, kegiatan ini juga dimeriahkan bazar berbagai produk kebutuhan Ramadan.

“Kegiatan ini merupakan acara yang sangat positif. Mengapa? Karena kegiatan ini menggali potensi diri. Potensi diri ini merupakan sebuah anugerah yang harus terus diperdalam. Pertahankan itu agar senantiasa bermanfaat,” kata Pembina PKPT Unusa Moh Afwan Romdloni SHi MAg.

Mof Afwan sangat mengapresiasi IPNU – IPPNU yang menggagas kegiatan positif di bulan Ramadan ini. Ia berharap agar IPNU-IPPNU tetap semangat dan terus mempertahankan kegiatan ini setiap tahun.

Kegiatan ini sangat positif dalam mengggali dan mengembangkan potensi seni bershalawat dan seni membaca Alquran. “Tujuannya adalah mewujudkan generasi muda yang qurani,” katanya.

Menurutnya generasi qurani adalah generasi yang menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup mereka, meyakini kebenaran Alquran, membaca, menghafal, dan memahaminya dengan benar dan baik, serta mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Jatuh bangun atau maju mundurnya umat Islam sangat tergantung dari pada jauh dekatnya umat dengan kitab sucinya, Alquran.

Menurut Noer Farakhin, Ketua PKPT IPPNU Unusa, peserta lomba Al-Banjari ada 31 tim dan  lomba MTQ diikuti 19 peserta. “Selain menyambut bulan Ramadan, kegiatan lomba ini dalam rangka harlah PKPT yang ke-3,” katanya.

Farakhin mengatakan kedua lomba digelar untuk tetap menjaga dan memperkuat sosial kultur budaya NU di kalangan mahasiswa Unusa. “Ini sebagai salah satu upaya IPNU-IPPNU mendukung Unusa menyiapkan generasi yang rahmatan lil alamin,” katanya. (hap/Humas Unusa)

Spread the love