Menjadikan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang unggul dan professional serta mencetak tenaga kesehatan masyarakat yang dapat bersaing di pasar global, berjiwa wirausaha dan berkarakter islami.
  1. Menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berakhlak Islami, profesional sesuai standar kompetensi bidang Kesehatan Masyarakat serta senantiasa berdedikasi dan berpartisipasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  2. Meningkatkan daya kritis, kreatif, komunikatif, sikap positif, pro aktif dan inovatif serta berjiwa kepemimpinan dan entrepreneurship yang islami.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian yang yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu dan tekonologi di bidang kesehatan masyarakat serta dapat membantu memahami dan memecahkan masalah kesehatan berbasis masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan ilmu kesehatan masyarakat secara profesional untuk melaksanakan program promotif dan preventif guna meningkatkan status kesehatan di masyarakat
  5. Membangun kerjasama dengan stakeholders terkait secara lokal, nasional, regional maupun internasional.
  6. Melaksanakan manajemen yang profesional dalam mengelola program studi berlandaskan kaidah islami.
  1. Kajian dan analisis situasi Kesehatan Masyarakat
  2. Penyusunan perencanaan dan Kebijakan Program Kesehatan Masyarakat
  3. Kemampuan komunikasi Kesehatan Masyarakat
  4. Pemahaman budaya
  5. Pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan Kesehatan Masyarakat
  6. Pemahaman dasar-dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat
  7. Perencanaan keuangan dan keterampilan manajerial dana Kesehatan
  8. Kemampuan memimpin dan berpikir sistem
  1. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip dasar dalam epidemiolog, biostatistik, promosi kesehatan dan administrasi dan kebijakan kesehatan sebagai metode dan alat, dan mampu memanfaatkan untuk melakukan diagnosis, investigasi dan survailan pada masalah yang berisiko terhadap kesehatan, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip dasar dalam ilmu Kesehatan Lingkungan dan kesehatan dan keselamatan kerja dan mampu memanfaatkan untuk melakukan analisis pengaruh lingkungan fisik dan tempat kerja terhadap risiko sakit pada individu dan masyarakat.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam ilmu sosial dan ilmu perilaku dan mampu memanfaatkan untuk menganalisis peran faktor sosial dan perilaku terhadap pilihan sikap dan tindakan sehat sakit pada individu dan masyarakat.
  4. Mampu menyajikan berbagai opsi keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu menyusun perencanaan, menyusun kegiatan, memantau, melaksanakan dan merancang evaluasi program manajemen pelayanan kesehatan primer dan rujukan, merancang kegiatan advokasi program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sebagai alternatif solusi secara mandiri dan berkelompok.

S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ketua Prodi : WIWIK AFRIDAH, SKM., M. Kes
Sekertaris : MUSLIKHA NOURMA RHOMADHONI, SKM., M. Kes

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prodi IKM) adalah salah satu program studi dibawah naungan Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, yang mendapatkan ijin operasional berdasarkan Surat Keputusan  Mendikbud RI No. 265/E/O/2013 pada tanggal 2 Juli 2013, bertepatan dengan 23 Sya’ban 1434 H.

 

Prodi IKM memiliki keunggulan di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, dengan menempuh total SKS sebesar 147 SKS yang ditempuh dalam 8 (delapan) semester, distribusi dari kurikulum nasional dan muatan lokal.

 

Sejak operasional sampai di tahun ketiga (2016) sudah memiliki student body 133 mahasiswa yang berasal dari calon mahasiswa lulusan SMA atau yang sederajat melalui jalur seleksi Universitas.