Fakultas Kesehatan

Lokasi: Kampus B
Program Studi:

  • S1 Ilmu Kesehatan MasyarakatProgram Studi S1 Kesehatan Masyarakat (S1 IKM) dikelola dan dikembangkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) berdasarkan visi menghasilkan lulusan kesehatan masyarakat yang unggul, profesional dan mampu bersaing di pasar global dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang kesehatan masyarakat dengan jati diri Islami. Menghasilkan keluaran pendidikan yang kompeten dan profesional dalam pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat secara mandiri yang ditunjang dengan etik dan moral keilmuan dalam memahami dan memecahkan masalah kesehatan merupakan tujuan dari prodi S1 IKM UNUSA. Dengan didukung oleh dosen yang kompeten dan profesional dan sarana-prasarana yang memadai, Prodi S1 IKM UNUSA membuka kesempatan seluas mungkin bagi calon mahasiswa untuk menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang bermutu.

    Profil Lulusan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Unusa

    M: Manajer pelayanan kesehatan masyarakat
    I: Inovator dalam strategi pemecahan masalah kesehatan masyarakat
    R: Researsher/ Peneliti
    A: Apprentice yaitu professional yang belajar sepanjang hayat
    C: Communitarian yang selalu dekat dan bersama kelompok binaan
    L: Leadership yang dapat berperan (Role Player) pemimpin & member teladan yang baik
    E: Educator bagi mereka yang membutuhkan

    Prospek Kerja S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Unusa

    1. Tenaga managerial, pengelola SIMKES dan Medical Record di RS/Klinik/PKM/Balai pengobatan
    2. PNS di lingkungan Dinas Kesehatan, BTKL, Disnaker, Biro Perencana Statistik
    3. Lembaga Penelitian Kesehatan
    4. Wirausaha di bidang kesehatan
    5. Tenaga pengajar
    6. Sanitarian
    7. Epidemolog dan petugas Surveylans
    8. Tenaga K3 di perusahaan/ industri
    9. Konsultan masalah kesehatan
  • S1 GiziProgram studi S1 Gizi merupakan salah satu prodi baru yang mempunyai tujuan menghasilkan sarjana gizi yang profesional, unggul dan Islami. Lulusan Sarjana Gizi UNUSA diharapkan menjadi sumber daya manusia yang berkompetensi serta mandiri dalam bidang Ilmu Gizi dan mampu bersaing dengan tenaga gizi dari luar negeri.
  • D-IV Analis KesehatanUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya menyelenggarakan pendidikan Diploma IV Analis Kesehatan dalam rangka mewujudkan tenaga sarjana sains terapan di bidang Analis Kesehatan, sebuah profesi yang mempunyai prospek kerja menjanjikan dan banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Ditunjang oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman, serta fasilitas lengkap didukung kerjasama praktek di berbagai lembaga kesehatan. D-IV Analis Kesehatan UNUSA memberikan kesempatan pada lulusan SMA dan sederajat untuk dididik menjadi tenaga Analis Kesehatan yang profesional dan berkualitas.

    Profil Lulusan D-IV Analisis Kesehatan:

    1. Mampu melakukan proses uji Laboratorium (hematologi, kimia klinik, bakteriologi, parasitologi, serologi,toksikologi,virology,sitohistologi dan kimia)
    2. Mampu merencanakan proses yang berkaitan dengan tupoksi di laboratorium
    3. Mampu melaksanakan proses persiapan specimen
    4. Memahami standart pelayanan laboratorium
    5. Mampu mebuat karya tulis ilmiah

     

    Prospek Kerja Analisis Kesehatan UNUSA:

    1. Rumah Sakit
    2. Lab. Klinik/ Medis
    3. Industri Makanan dan Minuman
    4. Industri Farmasi
    5. Industri Kimia
    6. Lab. Mikrobiologi
    7. BPOM
    8. Dinas Kesehatan
Menjadi Fakultas Kesehatan yang unggul, professional, berjiwa wirausaha dan berkarakter islami
    .
  1. Mengembangkan pendidikan akademik dan vokasi di bidang kesehatan yang kompetitif berpikir analitis, kritis dan inovatif
  2. Melaksanakan kegiatan penelitianyang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang professional dan berjiwa entrepreneurship yang memiliki integritas dan berjati diri Islami
  5. Melaksanakan manajemen yang profesional berlandaskan kaidah Islami.
  1. Meningkatkanya akses dan pemerataan pendidikan di bidang kesehatan dan mengembangkan kurikulum ilmu kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pasar
  2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas serta relevansi pembelajaran di bidang pendidikan kesehatan
  3. Dihasilkannya penelitian dibidang kesehatan yang bermutu dan bertaraf Nasional maupun internasional
  4. Terwujudnya perubahan perilaku masyarakat menuju hidup sehat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  5. Dihasilkannyatenaga kesehatanyang memiliki kemampuan intelektual, profesional, entrepreneur dan berjati diri Islami
  6. Terselenggaraanya pembinaan mahasiswa yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa
  7. Terwujudnya fakultas dengan tata kelola yang transparan, akuntabel, responsif, dan berkeadilan

Program Studi

Selayang Pandang

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya menyelenggarakan pendidikan Diploma IV Analis Kesehatan dalam rangka mewujudkan tenaga sarjana sains terapan di bidang Analis Kesehatan, sebuah profesi yang mempunyai prospek kerja menjanjikan dan banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Ditunjang oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman, serta fasilitas lengkap didukung kerjasama praktek di berbagai lembaga kesehatan. D-IV Analis Kesehatan UNUSA memberikan kesempatan pada lulusan SMA dan sederajat untuk dididik menjadi tenaga Analis Kesehatan yang profesional dan berkualitas.

Profil Lulusan D-IV Analisis Kesehatan :

  1. Mampu melakukan proses uji Laboratorium (hematologi, kimia klinik, bakteriologi, parasitologi, serologi,toksikologi,virology,sitohistologi dan kimia)
  2. Mampu merencanakan proses yang berkaitan dengan tupoksi di laboratorium
  3. Mampu melaksanakan proses persiapan specimen
  4. Memahami standart pelayanan laboratorium
  5. Mampu membuat karya tulis ilmiah

Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Baca selengkapnya..

Selayang Pandang

Program studi S1 Gizi merupakan salah satu prodi baru yang mempunyai tujuan menghasilkan sarjana gizi yang profesional, unggul dan Islami. Lulusan Sarjana Gizi UNUSA diharapkan menjadi sumber daya manusia yang berkompetensi serta mandiri dalam bidang Ilmu Gizi dan mampu bersaing dengan tenaga gizi dari luar negeri..

Baca selengkapnya..

Selayang Pandang

Program studi D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan prodi baru di Fakultas Kesehatan Universitas NU Surabaya, berdiri sejak 2017. Kurikulum yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan Program Studi D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja mengacu pada Kepmenkes 2007 dan kurikulum pendidikan tinggi yang berlaku dan dikeluarkan Dikti yaitu kurikulum KBK. Kurikulum tersebut secara operasional dikembangkan oleh Fakultas Kesehatan sesuai dengan situasi, kondisi, dan tantangan kebutuhan serta berorientasi ke masa depan serta basis kompetensi dan kewirausahaan.

Sesuai dengan KepMenKes N0.374/MENKES/SK/III/2007 Kurikulum Program ini disusun dengan bertolak dari tujuan pendidikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, orientasi pendidikan dan kerangka konsep pendidikan, khususnya menyangkut kelompok-kelompok ilmu, pengalaman belajar, dan evaluasi hasil belajar peserta didik. Kurikulum institusional disusun dengan bertolak dari kompetensi yang tercantum dalam kurikulum nasional dengan besar beban studi pada kurikulum lengkap 144– 160 SKS dan masa pendidikan 4 tahun. Besar beban kurikulum inti adalah 57-72% dari kurikulum lengkap. Untuk meningkatkan kemampuan dalam hal penelitian perlu dicantumkan dalam kurikulum lengkap penulisan karya tulis ilmiah dengan beban studi 4 sks.