Program Studi Magister Terapan Keperawatan

PROGRAM STUDI MAGISTER TERAPAN KEPERAWATAN

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas  Nahdlatul Ulama Surabaya menyelenggarakan Program  Studi  Magister Keperawatan terapan berdasarkan  SK KEPMENRISTEK DIKTI RI Nomer: 193/KPT/I/2016 Tgl 24 Mei 2016 Tentang pembukaan program studi keperawatan program magister keperawatan terapan pada  Universitas  Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembukaan program studi Magister Keperawatan Terapan  ini untuk merespon kebutuhan tenaga perawat pasca sarjana baik sebagai tenaga pendidik maupun pelayanan di berbagai instansi perawatan maupun kedinasan. Saat ini masih ada 31.000 dosen yang belum memiliki pendidikan magister atau magister terapan (Suwignjo, 2016). Sementara ini Perguruan tinggi penyelenggara pendidikan magister Keperawatan masih sangat sedikit yaitu  10 PTN ( di Jawa Timur hanya ada 2 PTN yaitu Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya) dan 4 PTS (di Jawa TImur belum ada). Operasional program studi magister keperawatan terapan FKK UNUSA ini akan dimulai  September 2016. Adapun Visi dan misi program magister keperawatan terapan UNUSA mencerminkan standar keunggulan cita-cita dengan mengemban nilai dasar Universitas Nahdlatul Ulama adalah: (1) nilai-nilai agama, (2) etika luhur akademik dan profesi, (3) kritis, mandiri, dan terhormat, (4) karsa dan karya yang inovatif, serta (5) komitmen yang kuat terhadap aspirasi kemanusiaan dan kebenaran.

Menghasilkan lulusan Magister Terapan Keperawatan yang unggul, professional, berjiwa wirausaha dengan jati diri Islami. Visi ini ditargetkan akan tercapai pada tahun 2030.

  1. Melaksanakan pendidikan keperawatan pada jenjang Magister Terapan Keperawatan dengan penekanan pada penyelesaian masalah secara komprehensif, dalam Bidang keperawatan medilkal bedah terutama keperawatan Stroke.
  2. Melaksanakan penelitian keperawatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan ilmu pengetahuan di bidang keperawatan Medikal Bedah terutama keperawatan Stroke.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan Medikal bedah terutama keperawatan Stroke untuk meningkatkan kesejahteraan individu, keluarga dan masyarakat.
  4. Mengembangkan jiwa wirausaha dalam keperawatan Medikal Bedah.
  5. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil Lulusan

Pada program Magister Terapan Keperawatan ini, lulusan diharapkan dapat berkarir di tatanan pelayanan dan tatanan pendidikan yaitu bekerja secara independen sebagai perawat konsultan serta kolaboratif dengan dokter atau tenaga kesehatan lain, dan sebagai profesional pelayanan sosial di berbagai pengaturan, seperti klinik, sekolah, rumah, tempat kerja dan organisasi berbasis masyarakat. Profil lulusan Magister Terapan Keperawatan yaitu

Seorang Magister Terapan Keperawatan peminatan medikal bedah mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan/kesehatan, perbaikan kualitas dan melakukan evaluasi diberbagai tatanan layanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen melalui pertimbangan aspek legal etis serta kebijakan baik ditingkat lokal maupun nasional. Seorang mmagister terapan keperawatan juga mampu membuka peluang usaha sendiri di bidang keilmuan yang sudah dipelajari atau meningkatkan pemasaran jasa rumah sakit melalui pelayanan keperawatan yang consumer oriented

Seorang Magister Terapan Keperawatan peminatan medikal bedah mampu memberikan asuhan keperawatan dan mengembangkan inovasi pada tatanan keperawatan/kesehatan berdasarkan evidence based practice, guna menjamin layanan asuhan keperawatan yang berkualitas dan aman dengan mempertmbangkan prinsip legal etis.

Seorang Magister Terapan Keperawatan peminatan medikal bedah yang mengembangkan rancangan pembelajaran di area keperawatan dan berperan dalam pendidikan keperawatan

Seorang Magister Terapan Keperawatan peminatan medikal bedah mampu memecahkan permasalahan keperawatan yang kompleks, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan dan praktik profesional keperawatan melalui riset. Seorang Magister Keperawatan Peminatan medikal bedah mampu mengimplementasikan hasil penelitian dalam praktik harian (evidence based nursing practice), mendidik perawat untuk mengevaluasi secara kritis hasil dari penelitian di keperawatan dan kedokteran, dan berpartisipasi dalam penelitian