Menjadi lembaga pendidikan keperawatan yang menghasilkan lulusan Diploma III Keperawatan yang unggul dan profesional dengan jati diri Islami
  1. Melaksanakan pendidikan vokasional yangstudent oriented dengan penekanan pada penyelesaian masalah secara komprehensif dan terbuka
  2. Melaksanakan penelitian keperawatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan ilmu pengetahuan dibidang keperawatan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keperawatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Kompetensi utama lulusan D3 Keperawatan adalah:
  1. Menerapkan konsep dan prinsip etika keperawatan komunikasi dalam praktek keperawatan professional
  2. Menerapkan pendekatan proses keperawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan dengan berfikir kritis
  3. Mengkonsultasikan penanganan pasien terhadap tim kesehatan lain
  4. Melaksanakan tindakan pengobatan sebagai hasil kolaborasi
  5. Melaksanakan tindakan diagnostik dan tindakan khusus sebagai hasil kolaborasi
  6. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigen
  7. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan elektrolit dan darah
  8. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi
  9. Melaksanakan evaluasi asuhan pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi
  10. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan rasa aman dan nyaman
  11. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan mobilisasi dan transportasi
  12. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan istirahat dan tidur
  13. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien terminal
  14. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien menjelang ajal
  15. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien pre dan post operasi
  16. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien gawat darurat
  17. Melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sehat
  18. Melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sakit
  19. Melaksanakan asuhan keperawatan pada bayi resiko tinggi
  20. Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu hamil normal dan komplikasi
  21. Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu intranatal dan bayi baru lahir
  22. Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu post partum normal dan komplikasi
  23. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan masalah kesehatan reproduksi
  24. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien masalah psikososial
  25. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien gangguan kesehahtan jiwa
  26. Melaksanakan asuhan keperawatan komunitas
  27. Melaksanakan asuhan keperawatan pada kelompok khusus (Anak sekolah, pekerja, lansia)
  28. Melaksanakan asuhan keperawatan pada keluarga
Berperan serta dalam penelitian dan pengembangan keperawatan
Kompetensi pendukung lulusan D3 Keperawatan adalah:
  1. Berkomunikasi dalam bahasa inggris
  2. Memiliki jiwa wira usaha
  3. Melakukan intervensi keperawatan dengan pendekatan hipnonursing
  4. Melakukan intervensi keperawatan dengan pendekatan latihan fisik
  5. Memahami kaidah Ahlussunnah wal jama’ah
  6. Menerapkan hard skill dan soft skill keperawataan dalam character in nursing
  7. Menerapkan asuhan keperawatan pada kasus paliatif dengan pendekatan islam
Kompetensi pilihan lulusan D3 Keperawatan adalah:
  1. Mampu memberikan intervensi keperawatan dengan pendekatan komplementer. Mata kuliah komplementer merupakan mata kuliah pilihan, yaitu komplementer herbal dan akupresure
  2. Mampu melakukan asuhan keperawatan pada pasien di rumah (home care)
  3. Mampu melakukan menejemen bencana(disasters)
  4. Mata kuliah home care dan disaster merupakan mata kuliah pilihan

Program Studi D3 Keperawatan

Ketua: Faridah Umamah, S.Kep.,Ns.,M.Kep.
Sekertaris : Chilyatiz Zahro,  S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Penyelenggaraan program Pendidikan Diploma III Keperawatan pada awalnya mempergunakan kurikulum Nasional Program Diploma III Keperawatan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan surat Keputusan Nomor 239/U/1999 tanggal 4 Oktober 1999., dan terakhir dikembangkan menjadi Kurikulum Pendidikan D III Keperawatan tahun 2006. Kurikulum Nasional disusun berlandaskan pada Visi, Misi dari Pendidkan Diploma III Keperawatan, Falsafah Keperawatan yang mencakup konsep manusia, kesehatan, lingkungan dan keperawatan serta bertoleransi pada kaidah-kaidah pendidikan tinggi nasional, organisasi kurikulum yang mengarahkan jalannya program pendidikan, tujuan program pendidikan dan tujuan institusi. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, tuntutan kebutuhan masyarakat (pengguna lulusan), dan kecenderungan era globalisasi maka perlu diadakan revisi Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Keperawatan terutama pada pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dengan pengelompokkan Mata Kuliah berdasarkan 5 (lima) pilar pembelajaran. Lima pilar pembelajaran sebagai dasar  mahasiswa dalam berkehidupan di masyarkat.

Kurikulum KBK dilaksanakan mulai tahun ajaran 2012-2013 sampai saat ini dengan beban 120 SKS yang terbagi menjadi kurikulum inti sebanyak 94 SKS dan 26 SKS kurikulum institusional. Evaluasi  kurikulum senantiasa kami lakukan guna menyempurnakan kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan sehingga proses pembelajaran yang dilaksnakan tidak hanya sekedar suatu proses transfer of knowledge, namun benar-benar merupakan suatu proses pembekalan yang berupa method of inquiry seseorang yang berkompeten dalam berkarya di masyarakat.