Prodi D III Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan UNUSA menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan Diploma III kebidanan yang unggul, profesional dengan jati diri islami.
  1. Melaksanakan pendidikan kebidanan yang student oriented dengan penekanan pada penyelesaian masalah secara komprehensif dan terbuka dengan menerapkan kelimuan sesuai dengan perkembangan IPTEK, syariat Islam serta kebutuhan/asuhan terkini di bidang kebidanan
  2. Melaksanakan penelitian Kebidanan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan ilmu pengetahuan di bidang Kebidanan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan ilmu Kebidanan berdasarkan evidence based untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  1. Mampu berprilaku profesional, bermoral dan beretika islami serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan.
  2. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan perempuan, keluarga, sejawat dan profesi lain dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak dalam pelayanan kebidanan.
  3. Mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya pada masa prakonsepsi, ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, KB, bayi baru lahir, balita, kesehatan reproduksi dan asuhan kebidanan komunitas pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
  4. Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangan.
  5. Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
  6. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.
  7. Mampu mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki dalam memberikan asuhan kebidanan bermutu tinggi sesuai dengan perkembangan IPTEK terkini dan kebutuhan stake holder
Kompetensi ini di tetapkan berdasarkan Kepmenkes 369 tahun 2007 tentang Standar Profesi Bidan serta kurikulum Nasional D-III Kebidanan untuk mencapai visi menghasilkan bidan yang profesional sebagai lulusan bidan dengan profil sebagai Care Provider (pemberi asuhan kebidanan), Community leader (penggerak masyarakat dalam bidang KIA), Communicator, Decision maker (pengambil keputusan dalam asuhan kebidanan) dan Manager (pengelola).
Dasar hukum capaian pembelajaran dinyatakan dalam peraturan presiden nomer 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian pembelajaran pada program Diploma III berada pada kulaifikasi level 5 yaitu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum. Berdasarkan hal tersebut, maka Capaian pembelajaran Prodi D III Kebidanan dirumuskan sebagai berikut :

A. KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu memberikan asuhan antenatal tanpa komplikasi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan, yang peka terhadap kebudayaan setempat
  2. Mampu melakukan deteksi dini terhadap kelainan dalam kehamilan dan memberikan rujukan
  3. Mampu memberikan asuhan dan memandu persalinan yang aman, sehat, peka terhadap kebudayaan setempat, serta menangani situasi kegawatdaruratan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan bayinya yang baru lahir sesuai dengan kode etik profesi bidan
  4. Mampu memberikan asuhan pada ibu nifas dan bayi baru lahir sehat sampai usia 5 tahun
  5. Mampu melaksanakan penyuluhan kesehatan dalam rangka promosi kesehatan reproduksi dan keluarga berencana serta menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak balita
  6. Mampu bekerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk menyelesaikan masalah kesehatan pada individu, keluarga, ataupun masyarakat secara komprehensif, holistik, berkesinambungan, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan kesehatan
  7. Memberikan asuhan kebidanan bermutu sesuai dengan perkembangan IPTEK terkini dan sesuai dengan kebutuhan Stakeholder
  8. Mampu menerapkan Fiqih Kebidanan dan syari’at islam di setiap asuhan kebidanan komprehensif

B. KETRAMPILAN UMUM

  1. mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
  2. mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
  3. mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  4. mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
  5. mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
  6. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  7. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  9. Mampu memahami dasar-dasar teori pengembangan diri

C. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis sistem reproduksi, prinsip dan konsep umum biomedik, kesehatan masyarakat, sosiologi, antropologi budaya, dan ilmu komunikasi
  2. Menguasai metoda dan teknik persalinan tanpa komplikasi
  3. Menguasai konsep teori tentang Deteksi dini dan penanganan pertama pada kegawatdaruratan maternal Neonatal
  4. Menguasai Fiqih kebidanan pada setiap siklus kehidupan wanita
  5. Menguasai dasar-dasar teori pengembangan diri dan profesionalisme

D. SIKAP

  • bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  • menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Mampu menerapkan Sikap berjatidiri islami sesuai dengan ahlusunah wal jama’ah dalam kehidupan sehari-hari
  • Mampu mengembangkan potensi diri yang dimiliki
  • Program Studi D3 Kebidanan

    Ketua: Fritria Dwi Anggraini , SST, M.Kes
    Gelar: Ahli Madya Kebidanan  (Amd. Keb)

      Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan institusi pendidikan  tenaga kesehatan, di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang juga memiliki 2 rumah Sakit. Prodi D III Bidan ini merupakan konversi dari Akademi Kebidanan RSI Surabaya yang berdiri sejak tahun 1998  Nomer Izin Operasional/Perpanjangan : 265/E/O/2013 pada bulan Juli 2013 berlaku sampai dengan 5 tahun.  Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sudah terakriditasi BAN-PT dengan Strata “ B “ sesuai dengan SK:004/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VII/2011 Masa Berlaku : 5 tahun. Saat ini sedang menunggu hasil Akreditasi dari LAMPTKes.

                 Jenjang pendidikan Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Kebidanan ditempuh minimal 6 (enam) semester dan maksimal 8 (delapan) semester. Pelaksanaan pembelajaran  mengacu pada kurikulum KBK tahun 2012 yang telah disesuaikan dengan visi institusi dan kompetensi lulusan, dengan beban studi 120 SKS meliputi kurikulum inti 94 SKS, Kurikulum Institusional l8 SKS, Mata kuliah pilihan wajib 4 SKS dan mata kuliah pilihan bebas 4 SKS. Pada Tahun 2016 Program Studi mengembangkan Kurikulum sesuai dengan KKNI dan berdasarkan Capaian Pembelajaran menurut SNPT Tahun 2014.

    Dalam upaya mencapai kompetensi mahasiswa, pembelajaran dan praktik Klinik menggunakan metode SCL dengan dosen yang kompeten dibidangnya serta bekerjasama dengan lahan praktik terkemuka di Surabaya seperti RSU.Dr Sutomo, RSAL Dr., Ramelan, RSI Surabaya, RSI Jemursar, RSU Haji, serta RS Swasta, Puskesmas, Klinik, RB dan BPM di Surabaya.