Program Studi S1 PG SD

PROGRAM STUDI S1 PG SD

Pendidikan merupakan faktor yang mendasar dalam membentuk karakter bangsa.  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 8 mensyaratkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Hal ini menunjang amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Pasal 9  menjelaskan bahwa kualifikasi guru Sekolah Dasar adalah lulusan Diploma IV (D4) atau lulusan Sarjana (S1). Oleh karena itu program studi S1 PGSD UNUSA menawarkan pendidikan untuk menghasilkan calon tenaga pendidik yang kreatif, inovatif , professional dan berkarakter Islami.

Semangat dan keberhasilan masyarakat dunia dalam membangun SD dapat menjadi inspirasi dan refleksi bagi pembangunan SD di Indonesia. Komitmen untuk memperluas akses SD yang bermutu merupakan pekerjaan mendesak yang harus segera direalisasikan. Tahun 2012 merupakan tonggak permulaan penuatan tekad untuk membangun SD yang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat hingga wilayah tertinggal, terpencil, dan berbatasan dengan Negara lain.

Kompetensi dan kualifikasi akademik tenaga pendidik sangat menentukan keberhasilan dari peningkatan mutu SD itu sendiri sesuai dengan arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan kompetensi guru.

Sejalan dengan tuntutan kualifikasi tersebut di atas, maka pada tahun 2013 ini, STIKES YARSIS merubah  status menjadi Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya.  Prodi PGSD merupakan prodi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.265/E/O/2013 tentang izin perubahan bentuk STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) pada Tanggal 02 Juli 2013 mempunyai cirikhas  yang berbeda dengan prodi PGSD lainnya yaitu adanya mata kuliah Pendidikan Dokter  kecil yang menunjukkan ciri khas dari Universitas yang  berbasis kesehatan.

Mencetak tenaga pendidik sekolah dasar yang profesional, kreatif, inovatif, unggul dalam IPTEKS, berjiwa usaha dan berjati diri islami

  1. Melaksanakan program pendidikan prodi S1 PGSD berdasarkan sumber daya dan atmosfer yang kompetitif untuk menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial didasari oleh iman dan taqwa, berwawasan IPTEKS, dan berjiwa wirausaha
  2. Melaksanakan Penelitian di berbagai bidang keilmuan melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi IPTEKS.
  3. Melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat di berbagai bidang keilmuan melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi

Profil Lulusan

1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.

2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar