Terwujudnya penyelenggaraan program S1 PG PAUD yang mampu menghasilkan guru TK yang berkepribadian luhur sesuai dengan nilai budaya bangsa, agama dan profesi; memiliki pengetahuan, kemampuan dan sikap profesional tenaga pendidikan anak usia dini (TK, Kelompok Bermain dan Penitipan Anak) serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada masyarakat.
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan berbagai kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendidik anak usia dini.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan anak usia dini.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu pendidikan anak usia dini.
Kompetensi lulusan S1 PG-PAUD meliputi :
  1. Kompetensi Paedagogik, yaitu kemampuan mendidik dan membelajarkan anak usia dini di TK berdasarkan keilmuan pendidikan.
  2. Kompetensi Kepribadian, yaitu kemampuan menampilkan pribadi yang mantap, berakhlak mulia, arif, berwibawa serta menjadi teladan bagi anak usia dini di TK dan pesrta didik pada umumnya.
  3. Kompetensi Sosial, yaitu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua/walipeserta didik, dan masyarakat sekitar.
  4. Kompetensi Profesional, yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran dan pengembangan anak usia dini di TK.

Aspek spesifikasi

Sampai saat ini sudah banyak berdiri program srata satu (S1) PG-PAUD di Indonesia. Namun, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ingin menghasilkan lulusannya dengan spesifikasi sebagai berikut:
  1. Lulusan yang cerdas dan bermartabat serta memiliki kompetensi paedagogik, profesional, kepribadian dan social
  2. Memiliki karya penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ipteks
  3. Melaksankan karya pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dalam rangka memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional
  4. Situasi dan kondisi kerja yang terencana, terorganisir, produktif, efektif, efesien dan terpercaya untuk menjamin keberlanjutan institute
  5. Sistem manajemen yang transparan dan akutabel

Program Studi S1 PG PAUD

Ketua : Nanang Rokhman Saleh, S.Ag., M.Th.I.
Sekretaris : Machmudah, S.Psi. M.Psi

Pendidikan merupakan faktor yang mendasar dalam membentuk karakter bangsa.  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 8 mensyaratkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Hal ini menunjang amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Pasal 9  menjelaskan bahwa kualifikasi guru PAUD adalah lulusan Diploma IV (D4) atau lulusan Sarjana (S1). Oleh karena itu program studi S1 PGPAUD UNUSA menawarkan pendidikan untuk menghasilkan calon tenaga pendidik yang kreatif, inovatif , professional dan berkarakter Islami.

Semangat dan keberhasilan masyarakat dunia dalam membangun PAUD dapat menjadi inspirasi dan refleksi bagi pembangunan PAUD di Indonesia. Komitmen untuk memperluas akses PAUD yang bermutu merupakan pekerjaan mendesak yang harus segera direalisasikan. Tahun 2012 merupakan tonggak permulaan penguatan tekad untuk membangun PAUD yang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat hingga wilayah tertinggal, terpencil, dan berbatasan dengan negara lain.

Kompetensi dan kualifikasi akademik tenaga pendidik sangat menentukan keberhasilan dari peningkatan mutu PAUD itu sendiri sesuai dengan arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan kompetensi guru.

Sejalan dengan tuntutan kualifikasi tersebut di atas, maka pada tahun 2013 ini, STIKES YARSIS merubah  status menjadi Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya.  Prodi PGPAUD merupakan prodi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.265/E/O/2013 tentang izin perubahan bentuk STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) pada Tanggal 02 Juli 2013 mempunyai ciri khas  yang berbeda dengan prodi PGPAUD lainnya yaitu pelatihan pembekalan penanganan (terapi) AUD terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, yang ditunjang dengan beberapa mata kuliah terkait, antara lain ABK, Bimbingan Konseling AUD, Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), Psikologi Perkembangan, dan Kesehatan dan Gizi AUD yang menunjukkan ciri khas dari PGPAUD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang berbasis kesehatan.