Menjadi Program Studi yang Mencetak Tenaga Pendidik Bahasa Inggris yang Profesional, Unggul, Menguasai IPTEKS dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, Berjiwa Wirausaha di Bidang Bahasa Inggris dan Berjati Diri Islami di Tingkat Lokal pada Tahun 2020, di Tingkat Nasional Tahun 2025, dan di Tingkat Internasional Tahun 2030.
  1. Melaksanakan program pendidikan prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan sumber daya dan atmosfer yang kompetitif untuk menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang berlandaskan kaidah islami, berwawasan IPTEKS, dan berjiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi IPTEKS.
  3. Melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan manajemen yang profesional untuk meningkatkan pengelolaan program studi dengan mengaktualisasikan nilai-nilai islami.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun dengan luar negeri untuk menghasilkan lulusan pendidik bahasa Inggris yang berkualitas dan berjati diri Islami yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan.

    Kompetensi utama lulusan prodi S1 PBI Unusa diantaranya sebagai berikut:

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
    2. Menguasai Ilmu agama Islam secara mendalam berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist dengan pendekatan Ahlus Sunnah Wal’Jamaah
    3. . Memiliki pengetahuan berkarya dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang terdiri atas kurikulum, karakteristik peserta didik, rancangan pembelajaran, pemilihan materi, model pembelajaran, asesmen, dan sumber pembelajaran baik ditingkat dasar maupun menengah
    4. Memiliki kemampuan untuk menerapkan rancangan pembelajaran dan mengadaptasikannya ke dalam situasi pembelajaran yang sesuai
    5. Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas secara efektif
    6. Mampu menyusun materi dan bahan ajar sesuai tingkat kesulitannya
    7. Mampu membuat soal sesuai dengan kaidah pengajaran Bahasa Inggris
    8. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta memecahkan masalah melalui penelitian
    9. Menguasai ketrampilan berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian, umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-Intermediate
    10. Memiliki kemampuan bahasa Inggris bidang kesehatan
    11. Mampu menerjemahkan/menginterpretasikan teks Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan/atau sebaliknya
    12. Memiliki kemampuan untuk berwirausaha terkait pembelajaran Bahasa Inggris
    13. Mampu menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris umum dan untuk tujuan tertentu dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan

    Kompetensi pendukung lulusan Prodi S1 PBI Unusa diantaranya:

    1. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris
    2. Mampu belajar secara mandiri dan berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Inggris
    3. Mampu beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan dan kebutuhan pembelajaran
    4. Memiliki kemampuan untuk mengekspresikan ide secara spontan dan sistematis dalam berbagai forum formal atau informal.

    Kompetensi lainnya/pilihan lulusan prodi S1 PBI Unusa diantaranya:

    1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik berdasarkan jati diri islami
    2. Mampu menguasai strategi berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
    3. Mampu menerapkan keterampilan berbahasa (language skills) minimal tingkat post-intermediate serta pengetahuan kebahasaan dan kesastraan (linguistics dan literature) dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang komunikatif dan interaktif.

    Aspek Sikap

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik berdasarkan jati diri islami
    9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia
    12. Memiliki sikap yang mengandung nilai-nilai Islami yaitu:
      • Moderat, proporsional, toleran (Adil)
      • Peduli, kasih-sayang, tolong-menolong (Rahmatan Lil’alamin)
      • Jujur, sungguh-sungguh, sepenuh hati (profesional)
      • Kreatif, inovatif, mandiri, tangguh, dan tanggung jawab (enterpreneur)

    Aspek Pengetahuan

    1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
    2. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Purpose on Health) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
    3. Menguasai konsep teoretis tentang kesastraan, literasi, linguistik serta pembelajaran bahasa Inggris
    4. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi
    5. Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan
    6. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik
    7. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
    8. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru bahasa Inggris
    9. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran bahasa Inggris
    10. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran bahasa Inggris
    11. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris
    12. Menguasai Ilmu Islam secara mendalam berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist dengan pendekatan Ahlus Sunnah Wal’Jamaah

    Aspek Keterampilan Umum

    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
    2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    4. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
    5. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
    7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
    8. Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

    Keterampilan Khusus

    Dalam substansi kebahasaan:
    1. Mampu menganalisis dan mengevaluasi secara tepat dan kritis beragam informasi dalam teks bahasa Inggris lisan dan tertulis (listening dan reading comprehension) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate;
    2. Mampu berkomunikasi dan menyampaikan ide dalam bahasa Inggris lisan maupun tulisan (speaking dan writing) dengan menggunakan kosakata dan tatabahasa yang sesuai dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate;
    Dalam substansi kependidikan:
    1. Mampu menerapkan keterampilan berbahasa (language skills) minimal tingkat post-intermediate serta pengetahuan kebahasaan dan kesastraan (linguistics dan literature) dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang komunikatif dan interaktif;
    2. Mampu mengembangkan potensi peserta didik hingga mencapai standar kompetensi lulusan (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sesuai kurikulum yang berlaku melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang;
      • Sesuai dengan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik;
      • Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam empat keterampilan berbahasa Inggris (language skills): menyimak, membaca, berbicara dan menulis (listening, reading, speaking, dan writing);
      • Membangun motivasi, interaksi sosial yang positif, kemampuan berpikir kritis (critical thinking), penyelesaian masalah (problem solving skill), dan keterampilan kinerja (performance skill) peserta didik;
      • Memperhatikan karakteristik invidual dan keberagaman siswa dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual;
      • Mampu menganalisis ketepatan, mengadaptasi, dan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran (elektronik, non-elektronik, teknologi informasi dan komunikasi) yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa Inggris, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa sebagai sarana pencapaian tujuan pembelajaran secara utuh;
      • Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa Inggris), yang meliputi:
        1. Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;
        2. Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;
        3. Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;
        4. Pelaksanaan penilaian dan evaluasi sesuai prosedur, teknik dan instrumen yang ditentukan;
        5. Pelaksanaan proses moderasi penilaian;
        6. Analisis hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan;
        7. Pengadministrasian penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;
      • Mampu menyelesaikan masalah peserta didik dan atau masalah pembelajaran melalui:
        1. Analisis reflektif terhadap pembelajaran (pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat);
        2. Pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat); dan
    3. Ragam penelitian kependidikan sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian kependidikan.

    PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

    Ketua Program Studi: Tiyas Saputri, S.S., M. Pd.

    Sekretaris Program Studi: Tatik Muflihah, S.Pd., M. Pd.

    Salah satu prodi yang ada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Prodi S1 PBI Unusa mendapat ijin penyelenggaraan dari DIKTI sejak tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 265/E/O/2013 tanggal 2 Juli 2013 seiring dengan perubahan STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) namun prodi ini mulai beroperasional sejak tahun 2016.

    Berdirinya prodi S1 PBI FKIP Unusa ini juga didasari oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 ayat (1) bahwa pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi minimum S1 (D4) dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar yaitu mengajar bidang ilmu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Adanya undang-undang tersebut dijelaskan lebih lanjut pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Prodi S1 PBI FKIP Unusa memiliki ciri khas yang membedakan dengan prodi S1 PBI yang lain yaitu adanya mata kuliah English for Specific Purposes di bidang kesehatan yang menunjukkan kekhasan dari Unusa yang berbasis kesehatan.

    Gelar yang akan didapatkan oleh lulusan Prodi S1 PBI adalah Sarjana Pendidikan (S. Pd.). Prodi S1 PBI ini merupakan prodi yang sangat prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu guru-guru bahasa Inggris. Disamping itu, prodi ini merupakan prodi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Adanya prodi ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kebutuhan terhadap guru-guru yang mengajarkan bahasa Inggris di sekolah dasar dan menengah. Dengan kondisi tersebut, prodi S1 PBI Unusa akan menyiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik bahasa Inggris yang profesional, unggul, menguasai IPTEKS dalam pembelajaran bahasa Inggris, berjiwa wirausaha di bidang bahasa Inggris dan berjati diri Islami.