Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa)

Bismillahirrahmaanirrahiim,
UNUSA didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS). Embrio berdirinya berawal sejak tahun 1979, yakni berupa berdirinya Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) YARSIS. Kemudian dalam perjalannannya berdiri pula Akademi Keperawatan YARSIS (tahun 1985), sedangkan SPK berubah menjadi Akademi Kebidanan YARSIS (tahun 1997). Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2006, 2 institusi tersebut (AKPER-AKBID) YARSIS melakukan penyatuan institusi dan konversi menjadi STIKES YARSIS sampai dengan saat ini dengan penambahan Prodi S1 Keperawatan dan Program Profesi Ners. Dengan bekal pengalaman lebih dari 33 tahun dalam mengelola institusi pendidikan dan dorongan dari Muslimat NU, PC NU Surabaya, PW NU dan PB NU, maka sejak tahun 2012 mulai diajukan proses legalitas peralihan bentuk institusi ke DIKTI menjadi Universitas. Sebuah lompatan besar namun terarah dari proses yang panjang tersebut, diharapkan di tahun 2013 ini dapat segera berdiri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)

UNUSA merupakan perguruan tinggi yang berkomitmen tinggi mendidik mahasiswa/i dalam menghadapi tantangan global, alumni UNUSA akan menjadi yang terdepan dalam bidang iptek, enterpreneurship, dan pemimpin berkarakter berlandaskan kaidah Islami.

Untuk memfasilitasi 16 program studi yang akan dibuka, saat ini UNUSA telah memiliki 2 kampus dengan fasilitas lengkap dan modern. Ditunjang laboratorium yang lengkap untuk tiap program studi, memiliki rumah sakit sendiri (RS. Islam Surabaya A. Yani dan RS. Islam Surabaya Jemursari). Fungsi rumah sakit tersebut selain sebagai fasilitas layanan kesehatan sivitas akademika UNUSA juga diperuntukan bagi kegiatan praktik klinik mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan dalam menunjang pencapaian target kompetensi mahasiswa. Mempunyai laboratorium Studio Audio Visual untuk praktik micro teaching bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kurikulum di UNUSA merupakan kurikulum yang up to date sesuai dengan tuntutan masyarakat modern dengan metode pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). UNUSA memiliki visi dan misi yang jelas, dan terus menerus menambah fasilitas dan program studi baru searah dengan pengembangan pendidikan dan kebutuhan masyarakat di masa depan.

 

Program Pendidikan

  1. Fakultas Kedokteran
    1. S1 Pendidikan Dokter
  2. Fakultas Ilmu Kesehatan
    1. S1 IKM
    2. D-IV Analis Ksehatan
    3. S1 Gizi
  3. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP)
    1. S1 PG SD
    2. S1 PG PAUD
  4. Fakultas Ekonomi
    1. S1 Akuntansi
    2. S1 Manajemen
  5. Fak. Keperawatan dan Kebidanan
    1. S1 Keperawatan
    2. D-IV Bidan
    3. D-III Kebidanan
    4. D-III Keperawatan
    5. Ners
  6. Fak. Teknik
    1. Sistem Informasi